Tips Singkat Edit Gambar Menjadi Lebih Keren untuk Pemula

Tips Singkat Edit Gambar Menjadi Lebih Keren untuk Pemula

Gambar menjadi salah satu media yang banyak dipakai oleh sebagian besar orang untuk kegunaan apapun. Media gambar dapat berupa logo maupun foto. Karena sebagai elemen yang penting, sebagian besar orang ingin membuatnya lebih menarik dan keren dengan cara melakukan edit photo.

Banyak yang menganggap kalau melakukan pengeditan membutuhkan orang yang ahli agar hasilnya terlihat menarik. Tapi ternyata, seorang pemula saja sudah tidak jarang yang melakukannya dengan sangat baik. Memang membutuhkan proses editing yang optimal agar hasilnya bagus juga. Karena itulah, Anda harus mengetahui terlebih dahulu tips-tips sederhana dalam edit gambar seperti di bawah ini.

  1. Cropping

Cropping atau memotong gambar merupakan teknik untuk membuang hasil sisi maupun sudut gambar yang tidak diperlukan. Biasanya teknik pengeditan ini dilakukan karena hasil yang didapat tidak bagus atau terlihat aneh. Anda yang tidak ingin hasil gambar atau fotonya terlihat aneh, ada baiknya buanglah bagian tersebut dengan teknik cropping ini.

Cara terbaiknya yaitu Anda ikuti saja rule of third yang dapat menjadi acuan untuk mengeditnya. Ketika Anda akan memulai teknik ini atau masuk ke dalam fitur cropping, pasti akan muncul garis-garis kotak yang bisa Anda atur lebih kecil atau besar. Kalau biasanya Anda bermula dari rasio 4:3, Anda dapat mengubahnya lagi menjadi 3:2 atau 1:1.

Manfaatkan garis-garis kotak tersebut agar hasil cropping-nya lebih tampak profesional, sehingga foto atau gambar pun akan terlihat rapi.

  1. Leveling

Kalau Anda mendapatkan gambar atau foto yang miring, Anda bisa membetulkannya dengan memakai teknik leveling. Cara edit gambar ini sering kali dipakai ketika orang-orang bingung ingin meluruskan objek gambar yang didapatnya. Cukup dengan memakai leveling, garis horizon akan muncul dan Anda bisa meluruskan objek tersebut.

Manfaatkan saja aplikasi-aplikasi di komputer atau smartphone yang mendukung fitur canggih yang satu ini.

  1. Pencahayaan

Cahaya menjadi bagian dari gambar yang tidak boleh dilewatkan. Ketika pencahayaannya tepat, maka hasilnya pun juga akan bagus. Berbeda kalau pantulan cahayanya berlebih atau kurang, maka hasilnya pun juga akan kurang bagus. Tidak heran kalau sebagian orang akan merasa kesal saat hasil gambarnya terlihat gelap atau terang.

Tidak perlu khawatir lagi kalau Anda mendapatkan hasil gambar yang seperti itu karena Anda dapat mengubahnya dengan edit gambar melalui kecerahan atau exposure dan kontras. Dengan mengatur tingkat kecerahannya, Anda akan mendapatkan hasil cahaya yang sesuai keinginan.

  1. Shadow dan highlight

Jika Anda hanya ingin mengatur cahayanya di bagian tertentu saja, maka Anda perlu melakukan edit gambar dengan memakai teknik shadow dan highlight. Teknik ini berfungsi untuk menerangkan area tertentu atau menggelapkan di bagian tertentu saja.

Teknik shadow berguna untuk menaikan area yang terlihat gelap menjadi lebih terang. Tapi kalau ingin mengurangi keterangannya, Anda gunakan saja pengaturan highlight-nya. Namun ada hal yang harus diperhatikan saat Anda memakai teknik edit gambar ini karena Anda hanya bisa menggunakannya pada tipe gambar RAW agar hasilnya dapat terlihat lebih bagus.

  1. Pengaturan warna

Pengaturan warna juga menjadi hal yang tidak boleh dilewatkan saat melakukan pengeditan gambar. Mulai dari gambar yang ingin dijadikan tone kebiruan atau kekuningan, sampai menjadi warna monokrom, Anda dapat melakukan itu semua dengan mengatur warnanya.

Setiap aplikasi editing memiliki tone warna yang berbeda-beda. Tapi pada umumnya sudah disediakan tone yang mudah digunakan untuk pemula, sehingga Anda bisa mencobanya sendiri.

Terapkan tips edit gambar di atas agar Anda menjadi seorang yang ahli. Jika sudah ahli, mungkin Anda bisa menggunakannya untuk menjadi kerja sampingan Anda. Tentu akan banyak yang memakai jasa Anda jika sudah berpengalaman dalam hal pengeditan gambar.