Tips Memilih Spare Part Motor Yang Asli

Tips Memilih Spare Part Motor Yang Asli

Sepeda motor menjadi alat transportasi di Indonesia. Jumlah sepeda motor di Indonesia sudah mencapai jutaan pengguna. Setiap tahun jumlah ini terus bertambah. Bila berbicara tentang sepeda motor, pasti tidak lepas dari yang namanya spare part motor supaya sepeda motor bisa bekerja dengan baik, anda harus memilih spare part yang asli.

Cara Memilih Spare Part Motor Yang Asli

ketika anda memilih spare part palsu, bisa berpengaruh dengan kinerja mesin. Membuat mesin cepat rusak dan motor tidak bisa berjalan dengan baik. Oleh karena itu untuk mendapatkan spare part asli, cobalah ikuti tips berikut ini:

  • Membeli di tempat terpercaya

Untuk mendapatkan spare part yang asli, anda harus membeli di tempat terpercaya. Anda bisa membeli di dealernya langsung. Setiap perusahaan otomotif pasti memiliki bengkel resminya. Misal untuk perusahaan Yamaha, memiliki bengkel resmi Yamaha. Di beberapa toko juga bekerjasama dengan perusahaan otomotif, menjual spare part asli.

Jika membeli online, selalu perhatikan toko onlinenya. Lihat bagaimana komentar pembeli lainnya. Sehingga anda tahu mereka menjual produk asli dan palsu. Jangan mudah percaya dengan toko online yang menjual spare part dengan harga yang terlalu murah.

  • Cek kemasannya

Saat membeli spare part, selalu cek kemasannya. Kemasan produk asli dan produk palsu memiliki beberapa perbedaan. Pastikan spare part yang anda beli kemasannya dalam kondisi baik. Tidak bagian yang rusak atau berlubang.

Anda juga bisa mencari ciri-ciri kemasan spare part yang asli dan palsu. Hal ini digunakan bila anda membeli spare part secara online. Selalu jadi pembeli yang pintar dan bisa membedakan produk palsu dan asli.

  • Cek barcode

Barcode juga bisa menjadi penentu spare part produk asli dan palsu. Anda bisa cek barcode yang terdapat di kemasan dan produknya. Pastikan barcode tersebut dalam kondisi yang baik. Untuk produk asli, ada ciri tersendiri. Setiap perusahaan memiliki ciri yang berbeda-beda.

Jadi anda harus memperhatikan barcodenya dengan baik. Barcode harus ditulis dengan jelas dan rapi. Tidak ada tulisan barcode yang terlihat samar-samar atau tidak tertulis jelas. Hal ini bisa menunjukan produk palsu. Untuk produk asli, nomor seri atau bracodenya terdaftar di perusahaan otomotifnya

  • Cek label hologram

Cara selanjutnya dengan cek label hologram. Semua spare part asli pasti memiliki logo hologram di kemasan dan produknya. Stiker hologramnya juga terbuat dari bahan yang berkualitas. Terlihat jelas dan bagus, untuk produk palsu terdapat logo hologram bentuknya kurang bagus dan terlihat stiker biasa,

Bahkan ada beberapa spare part palsu yang tidak memiliki label hologram. Oleh karena itu anda harus memperhatikan dengan sebaik mungkin. Jangan membeli spare part motor yang tidak memiliki logo hologram.

  • Harga spare part

Harga spare part bisa menjadi penentu produk asli dan palsu. Harga spare part asli lebih mahal dibandingkan spare part palsu. Jika anda menemukan spare part dengan harga yang sangat murah. Bisa dipastikan produk palsu apalagi tidak ada promo khusus atau diskon yang diberikan.

Harga spare part sudah ditentukan dari pabrik. Sehingga satu toko dengan yang lainnya hampir sama. Hati-hati dengan produk spare part yang harganya sangat murah dan terlihat tidak masuk akal.

  • Bahan berkualitas

Buat orang yang sudah paham otomotif, pasti mudah membedakan spare part asli dan palsu. Karena spare part asli selalu terbuat dari bahan yang berkualitas. Sedangkan produk palsu akan terlihat sedikit berbeda. Bahannya terlihat tipis dan kurang kokoh.

Jika anda perhatikan dengan teliti, ada perbedaan yang signifikan di bahan spare part. Anda harus hati -hati membelinya. Jangan tertipu dengan produk palsu yang tidak berkualitas.

Ada banyak keuntungan membeli spare part asli. Salah satunya akan membuat kinerja mesin semakin ringan dan bertenaga. Anda juga tidak perlu mengganti spare part terus menerus. Spare part asli lebih tahan lama dibandingkan yang palsu.

Jika membeli produk palsu, spare part cepat rusak dan harus ganti terus menerus. Jadi mulai sekarang belilah spare part motor asli yang berkualitas.