Tips Buat Adonan Donat Kentang yang Mengembang

Tips Buat Adonan Donat Kentang yang Mengembang

Bagi Anda yang suka membuat donat termasuk dengan donat kentang mungkin adonan adalah salah satu hal yang wajib untuk diperhatikan. Caranya juga Anda pun wajib membuat adonan yang terbaik dan bisa mengembang sempurna. Di bawah ini adalah beberapa tips yang mungkin bisa Anda coba dalam membuat adonan donat!

  1. Kenali Kualitas Bahan

Bahan yang digunakan saat membuat adonan donat pada dasarnya terlihat simpel serta tidak banyak, hanya beberapa bahan seperti tepung, gula, ragi, telur, susu, serta margarin. Namun Anda juga wajib tahu jika kualitas dari bahan-bahan tersebut juga nantinya akan menentukan hasil donat yang akan dibuat.

Tepung yang dipakai akan menentukan tekstur dari donat, oleh sebab itu Anda tidak boleh sembarang dalam memilih tepung. Gunakan tepung terigu dengan kandungan protein sedang serta masih bagus kualitasnya bahkan terjaga kebersihannya. Agar dapat memastikan tepung masih dalam kondisi baik, sebaiknya beli tepung baru serta masih dalam kemasan yang asli.

Pilih jenis ragi kering yang mana juga masih baru. Ragi merupakan mikroorganisme hidup yang fungsinya mengembangkan adonan. Kalau menggunakan ragi baru agar bisa memastikan mikroorganisme yang ada pada ragi masih hidup, Anda pun bisa siapkan sedikit air hangat ke wadah kecil, kemudian beri sedikit ragi. Aduk serta diamkan beberapa saat. Jika muncul gelembung-gelembung udara, maka hal tersebut menjadi tanda ragi masih aktif.

  1. Campurkan Bahan Secara Teliti

Meskipun tepung yang nanti akan digunakan tergolong baru, pengayakan tentunya akan perlu dilakukan. Tujuan pengayakan sendiri adalah agar tepung tidak menggumpal ketika digunakan.

Campurkan semua bahan namun yang padat terlebih dahulu, baru dilanjutkan dengan bahan cair. Campur rata beberapa bahan tepung, ragi, serta gula. Hindari kontak langsung menggunakan garam pada awal sebab ragi tidak berfungsi.

Supaya adonan dari donat kentang lebih mengembang sempurna, Anda bisa menambahkan bread improver. Bahan ini nantinya bisa membuat roti jenis apa pun jadi lebih mekar serta lembut, dan tidak mengeras ketika dingin. Tapi bahan ini juga tidak wajib digunakan jika tidak ada maupun sulit didapat.

Uli adonan selama 12 hingga 25 menit dengan tangan, sambil Anda menuangkan susu hangat. Jika semua bahan sudah tercampur rata, tambahkan mentega atau margarin telah. Mentega memiliki untuk melembutkan struktur gluten selama proses pengulenan. Ini akan menjadikan adonan terasa lembut serta berkilau serta menambah cita rasa jadi lebih gurih juga.

  1. Diamkan di Tempat yang Hangat

Cara yang terakhir dan dapat digunakan untuk membuat adonan lebih mengembang baik adalah dengan mendiamkan adonan donat yang sudah dibuat pada tempat hangat. Anda pun bisa mengikuti cara yang sama.

Nah di atas tadi adalah beberapa cara yang bisa digunakan untuk membuat donat kentang dengan adonan yang dapat mengembang baik. Anda bisa menggunakan resep di atas agar resep donat dapat sempurna. Langsung saja coba dan semoga berhasil.