Tips Ajukan Pinjaman Uang Online

Tips Ajukan Pinjaman Uang Online

Pinjaman uang online memang baru populer beberapa tahun sebelumnya. Akan tetapi perkembangannya sangat signifikan terutama setelah dikenal oleh masyarakat dengan kemudahan pendaftaran dan proses pengajuan yang lebih praktis tanpa harus datang ke kantor.

Proses dan pengalaman yang berbeda inilah yang membuat menjamurnya beberapa fintech di Indonesia menawarkan segala kelebihan produknya. Tak ayal pinjaman di lembaga konvensional seperti bank pun kini bukan jadi opsi yang utama.

Fintech dianggap menghadirkan sebuah inovasi sekaligus solusi bagi masyarakat yang membutuhkan dana untuk berbagai kebutuhan. Berbeda dengan bank, proses pengajuan pinjaman melalui aplikasi lebih cepat bahkan dalam hitungan menit. Bayangkan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan pinjaman serupa dari bank.

Akan tetapi, dibalik kemudahan tersebut ada hal yang perlu diwaspadai. Seperti potensi kerugian meminjam melalui fintech yang belum terdaftar dan tingginya bunga yang diberikan sebagai konsekuensi kemudahan yang didapatkan. Agar tidak mendapati kerugian finansial yang lebih besar, berikut ini adalah beberapa tips ajukan pinjaman uang online dengan aman.

Cari yang Memberikan Bunga Rendah

Persoalan klasik sebuah pinjaman online adalah soal bunga yang tinggi. Padahal, dari beberapa pinjaman online ada juga yang memberikan bunga hampir sama dengan lembaga konvensional.

Lembaga keuangan konvensional biasanya memberikan bunga pinjaman antara 1-3 % per bulan. Nah, standar inilah yang bisa digunakan untuk mencari fintech yang memberikan bunga yang rasional.

Kerap kali pengguna tergoda dengan kemudahan mendapatkan dana segar tetapi tidak mempertimbangkan bunga. Belum lagi jika terjadi keterlambatan sehingga harus membayar denda dengan bunga tinggi.

Oleh karena itu, sebagai konsumen, kamu dituntut untuk sadar dan mengetahui produk yang akan digunakan dengan baik terlebih dahulu. Salah satunya dengan mencari informasi tentang bunga, denda, hingga mekanisme peminjaman apakah ada biaya layanan atau biaya administrasi lain yang dibebankan selain bunga pokok pinjaman.

Dengan begitu, kamu bisa mempertimbangkan dengan matang sebelum memutuskan untuk mengajukan pinjaman secara online.

Pilih yang Pengajuan dan Pendaftarannya Online

Salah satu ciri khas fintech adalah menghadirkan produk secara online. Proses pendaftaran dan pengajuan pinjaman umumnya menggunakan aplikasi yang dapat diunduh melalui saluran resmi seperti Google Play Store ataupun App Store.

Jika pendaftaran masih menggunakan cara manual apalagi dilakukan di situs tanpa menggunakan aplikasi, sebaiknya urungkan terlebih dahulu. Pasalnya kebiasaan tersebut tidak lazim layaknya layanan yang diberikan beberapa fintech saat ini.

Justru itulah yang membedakan antara fintech dengan lembaga keuangan konvensional yang masih mempertahankan prosedur manual ketika ingin mengajukan pinjaman.

Pastikan sudah Terdaftar di OJK

Tips yang terakhir dan juga tidak kalah penting adalah memastikan bahwa perusahaan yang dipilih sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan sehingga ada jaminan keamanan soal data-data konsumen yang disubmit dan transaksi keuangan.

Salah satu fintech yang bisa diandalkan seperti Kredivo yang sudah terdaftar sejak lama di OJK. Kredivo punya berbagai keistimewaan. Memberikan bunga rendah, proses pendaftaran dan pengajuan murni menggunakan aplikasi dan yang jelas adalah memiliki variasi produk tak hanya fitur pinjaman saja tetapi juga berbagai kemudahan yang diberikan seperti fitur pembayaran berbagai tagihan, pembelian pulsa dan token listrik hingga pembelian tiket pesawat dengan cara diangsur.

Syarat pendaftarannya pun sangat mudah. Berstatus Warga Negara Indonesia (WNI). Berusia antara 18 sampai 60 tahun. Berdomisili di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Semarang, Palembang, Medan, Bali, Yogyakarta, Solo, Makassar, Malang, Sukabumi, Cirebon dan punya penghasilan minimal Rp 3.000.000 per bulan.

Dengan bunga hanya 2,95% saja per bulan, kamu bisa mengajukan pinjaman hingga Rp30 juta. Pastikan memenuhi persyaratan terlebih dahulu, unduh aplikasi resminya dan ajukan pinjaman kurang dari 1 menit.