Kenapa Kebanyakan Orang Indonesia Pilih Mobil MPV?

Kenapa Kebanyakan Orang Indonesia Pilih Mobil MPV?

Indonesia merupakan salah satu negara yang pemakai mobilnya sudah cukup banyak dan setiap tahunnya terus meningkat saja penggunaannya. Tidak heran banyak vendor yang meluncurkan produk mobilnya untuk dipasarkan di masyarakat tanah air. Dari semua produk yang dipasarkan, ternyata mobil MPV yang paling populer di kalangan masyarakat Indonesia.

Kalau kamu lihat mobil-mobil di jalan, kamu pasti akan melihat banyaknya orang yang menggunakan tipe mobil itu. Kendaraan yang dibilang sebagai mobil multi guna ini memang memiliki daya tampung yang lebih banyak dibandingkan jenis lainnya, seperti sedan atau hatchback.

Di Indonesia, jenis MPV ada beberapa macam, mulai dari low, big, sampai extra big-nya. Sebagai mobil yang sangat populer, tentu ada alasan-alasan kenapa orang-orang Indonesia sangat suka dengan tipe multi guna ini.

  1. Daya tampung

Di lihat dari daya tampungnya, sebagian besar orang Indonesia sangat suka membawa banyak barang, apalagi saat mudik lebaran. Pada jenis mobil multi guna, daya tampung yang disediakan sangat luas untuk diletakan barang-barang bawaan. Bahkan mereka masih bisa menambahkan bagasi atas untuk menaruh barang-barang lainnya yang akan dibawa. Dimensi atapnya yang kuat membuat kamu tidak usah khawatir kalau atasnya cepat rusak.

Selain itu, daya tampung penumpangnya juga sangat cukup untuk masyarakat Indonesia yang suka berpergian beramai-ramai. Bersama dengan keluarga atau rombongan teman misalnya. Kalau menggunakan mobil sedan, penumpang yang bisa masuk hanya 5 orang saja. Itu pun sudah termasuk driver-nya.

Kalau mobil MPV, kamu bisa membawa sekitar 7 sampai 8 orang sekaligus, sehingga kamu tidak repot-repot lagi menggunakan banyak mobil untuk membawa rombongan.

  1. Tangguh

Alasan lainnya kenapa banyak orang yang pilih mobil multi guna adalah karena ketangguhannya. Bagian kolongnya atau disebut sebagai ground clearence, memiliki permukaan yang cukup tinggi sehingga membuat mobil ini bisa melewati berbagai macam medan jalanan yang dilewati.

Kamu yang melewati jalan berbatu, berlubang, bahkan yang tergenang air, pasti akan sangat aman untuk dilalui. Tidak usah takut lagi kalau tiba-tiba mogok saat melewatinya karena kolongnya yang tinggi membawa keuntungan untuk kamu.

Tangguh lainnya yaitu saat sedang dalam keadaan menanjak, mobil akan tetap kuat naik meski kamu membawa banyak penumpang. Biasanya orang mengalami kendala saat sedang berada di jalanan yang menanjak, apalagi membawa banyak penumpang. Beberapa orangnya harus turun agar mobil dapat menanjak terus. Tapi untuk mobil MPV, kamu tidak usah lagi menurunkan penumpangnya dan tetap menanjak dengan kuat dan lancar.

  1. Harga jual tinggi

Seperti yang sempat di bahas di awal, mobil multi guna memang sangat laku di pasaran Indonesia, jadi tidak heran kalau harga jualnya tinggi sesuai dengan tipe MPV yang dipilih. Kalau kamu pilih yang low, harganya masih dalam kisaran Rp 130 juta sampai Rp 150 juta. Tapi kalau sudah masuk medium hingga big, harganya tentu akan semakin tinggi.

Tapi, itulah yang menjadi keuntungan buat kamu saat kamu mau menjualnya kembali. Mobil multi guna yang sudah bekas pakai saja masih bisa kamu tawarkan dengan harga yang tinggi, sehingga kamu tidak usah takut untuk menurunkan harganya yang terlalu rendah.

  1. Pajaknya lebih rendah

Alasan yang banyak dipakai oleh orang-orang Indonesia membeli mobil multi guna adalah pajaknya yang lebih rendah daripada tipe lainnya. Ya, hal itu memang benar karena pajak MPV lebih rendah, sehingga kamu tidak usah lagi takut membayar banyak biaya pajaknya. Biayanya tentu lebih rendah daripada mobil sedan.

Itulah alasan-alasan orang Indonesia lebih banyak pilih mobil MPV ketimbang jenis mobil lainnya. Harganya yang juga kompetitif menjadi alasan tambahan yang paling umum. Apa kamu tertarik juga membeli mobil tipe ini?