Jangan Ditunda Lagi, Ini Cara Mengurus Sertifikat Tanah Gratis yang Bisa Langsung Anda Lakukan

Cara Mengurus Sertifikat Tanah Gratis

Sertifikat kepemilikan suatu kekayaan properti perlu diurus. Namun, sayangnya masih banyak orang yang abai terhadap hal ini. Padahal banyak sekali keuntungan yang bisa didapat dengan mengurus sertifikat tersebut. Banyak orang yang masih abai untuk mengurus surat tanah dikarenakan kurangnya pemahaman yang didapat. Selama ini, mereka belum merasakan adanya suatu masalah yang memerlukan berkas surat tanah. Karena hal tersebut, banyak dari mereka yang belum terlalu memikirkan lebih jauh pentingnya memiliki surat tanah meskipun ada cara mengurus sertifikat tanah gratis dengan mengikuti program yang di berikan oleh pemerintah..

Karena masih banyak masyarakat yang abai terhadap hal ini, pemerintah membuka sebuah program yang mengizinkan masyarakatnya untuk mengurus surat tanah tanpa perlu membayar biaya administrasi apapun. Hal ini diharap bisa menjadi salah satu motivasi yang dimiliki masyarakat agar menaati kewajiban untuk memiliki surat tanah. Di bawah ini akan dijelaskan apa saja berkas atau kelengkapan yang dibutuhkan serta tahap-tahap untuk memiliki surat tanah secara resmi.

  1. Persiapkan kelengkapan yang dibutuhkan

Kelengkapan pertama yang harus anda penuhi adalah Kartu Tanda Penduduk atau KTP dan Kartu Keluarga (KK). Kedua berkas tersebut merupakan identitas wajib yang perlu disertakan sebagai tanda pengenal. Selanjutnya, anda perlu menyiapkan surat tanah. Surat tanah yang dimaksud bisa dalam bentuk leter C, akta hibah, akta jual beli tanah, kesaksian, berita acara atau jenis surat tanah yang lain.

Berkas lain yang perlu anda persiapkan adalah bukti setor bea perolehan hak atas tanah dan bangunan serta pajak penghasilan. Tak lupa surat permohonan dan surat pernyataan yang dibuat oleh pemohon sertifikat tanah juga disertakan. Selain beberapa berkas yang telah disebutkan, tanda batas tanah yang sudah terpasang dan mendapat persetujuan antara pemilik tanah dan pemilik tanah yang lain juga akan diikutsertakan.

  1. Tahap penyuluhan

Pada tahap ini, tim dari pemerintah akan memberikan sosialisasi terlebih dahulu kepada masyarakat yang ingin membuat sertifikat tanah. Dengan mengadakan acara ini, diharap pemahaman masyarakat menjadi lebih tinggi. Dalam tahap ini, masyarakat yang belum terlalu paham dengan syarat yang dibutuhkan juga diperbolehkan untuk bertanya.

  1. Tahap Pendataan

Setelah melakukan sosialisasi, pihak pemerintah akan melakukan pendataan sesuai dengan berkas atau syarat yang telah dibawa. Pihak pemerintah akan melihat satu per satu berkas yang dibawa, apakah sudah memenuhi syarat atau belum. Pada tahap ini, bila masyarakat masih ada yang belum melengkapi persyaratan, makan akan dihubungi kembali kepada masyarakat tersebut.

  1. Tahap pengukuran

Pada tahap persiapan sudah disebutkan bahwa pemohon sertifikat tanah diharap melampirkan bukti batas tanah yang telah disepakati oleh pihak yang terkait. Pada tahap ini, batas tersebut akan dilihat secara langsung oleh pihak pemerintah untuk membuktikan kebenaran laporan yang diajukan.

  1. Tahap sidang

Setelah semua tahap sebelumnya selesai dilakukan, langkah selanjutnya yang dilakukan adalah proses penentuan. Pada proses ini akan dilakukan perundingan yang terdiri dari pihak pemerintah dan pihak pengurus desa terkait untuk menentukan apakah sertifikat tanah memang layak diberikan atau tidak.

  1. Tahap pengumuman

Tahap selanjutnya, yaitu tahap pengumuman. Bagi pemohon yang ingin menerima sertifikat tanah akan diberi pengumuman berupa nama, luas tanah dan informasi lain yang terkait. Pengumuman ini akan dipasang di balai desa selama kurang lebih 2 minggu atau 14 hari.

Setelah semua tahap anda lalui, anda berhak mendapat sertifikat yang telah tersedia di kantor agraria. Berkas yang harus disiapkan dan tahap yang perlu dilalui cukup mudah untuk dilakukan, bukan?