Darah kental adalah

Darah kental adalah

Sudahkah kamu ketahui? Tentang Trombofilia atau sering juga disebut hiperkoagulasi atau juga biasa dikenal dengan sebutan darah kental. Pengertian darah kental adalah penyakit yang berhubungan dengan pembekuan darah. Belum ada penjelasan yang pas untuk penyakit ini., akan tetapi ditemukan pada seluruh usia dan jenis kelamin, bahwasanya penyebab darah kental adalah begitu beragam sehingga sangat sulit untuk  ditentukan. Penyakit ini juga menjadi pemicu berbagai jenis penyakit lainnya, yang mungkin disebabkan oleh bawaan dalam keluarga yang membentuk suatu zat pembekuan darah dalam tubuh. Penderita cenderung mudah mengalami pembekuan darah (trombosis). Anda bisa menderita trombosis karena diwariskan atau karena memang mengidap penyakit ini. Kadang‐kadang, penyakit ini dapat mengakibatkan komplikasi serius dan mengancam nyawa si penderita. Kita mungkin bisa saja menderita trombofilia (trombosis vena) atau arteri (trombosis arteri) tergantung pada lokasi trombus. Berbagai gejala darah kental adalah yang akan muncul antara lain:

  • Trombosis vena terjadi di pembuluh darah kaki dan menyebabkan pembengkakan, nyeri, kemerahan, serta rasa panas pada kaki.
  • Trombosis arteri sering terjadi di sekitar pembuluh darah utama (aorta, arteri karotis), menyebabkan gejala stroke seperti bicara melantur, mati rasa, tubuh lemas, hilang penglihatan, dan sulit menelan. Selain itu, beberapa kondisi juga dapat menyebabkan trombosis dari masalah kehamilan seperti keguguran, kelahiran prematur, serta adanya kandungan antibodi antifosfolipid dalam darah seseorang. Pasien sindrom antibodi antifosfolipid sering mengalami pembekuan darah yang tidak normal. Kemungkinan terdapat beberapa tanda atau gejala yang tidak tercantum di atas. Jika Anda memiliki kekhawatiran tertentu mengenai gejala di atas, silakan konsultasikan dengan dokter Anda. “dilansir dari laman Hellosehat”

“dilansir dari laman Alodokter” Gejala yang dapat terjadi ketika darah sudah menggumpal pun bervariasi, tergantung di mana lokasi penggumpalan tersebut muncul di dalam tubuh. terdapat juga beberapa gejala darah kental adalah dimana gejala yang dapat muncul berdasarkan lokasi penggumpalan darah  :

  • Pada saluran cerna

Jika penggumpalan terjadi pada saluran pencernaan, gejala yang dapat muncul adalah nyeri perut parah, diare, perut kembung, muntah, dan darah bercampur pada tinja atau muntahan.

  • Pada otak

Darah kental yang menyebabkan gumpalan darah di otak dapat menyebabkan aliran darah di otak terganggu. Hal ini bisa menimbulkan gejala stroke, seperti kelemahan atau lumpuh pada salah satu sisi tubuh, pusing, kebingungan, sakit kepala, sulit menelan atau bicara, hingga kejang.

  • Pada Jantung dan paru-paru

Darah kental yang menyebabkan penggumpalan darah di organ jantung bisa menyebabkan penyakit jantung. Gejalanya bisa berupa nyeri dada berat yang menyebar ke lengan atau leher, sesak napas, keringat dingin, mual, pusing, dan pingsan. Sedangkan darah kental di paru-paru dapat menyebabkan gejala berupa nyeri dada, batuk-batuk, berkeringat, napas sesak atau berat, pusing, pingsan, dan denyut nadi cepat.

  • Pada ginjal

Jika penggumpalan terjadi di ginjal, gejalanya dapat berupa demam, mual dan muntah, sesak napas, terdapat darah pada urine, nyeri di pinggang atau punggung, serta pembengkakan di kaki.

  • Pada lengan atau kaki

Jika penggumpalan terjadi pada lengan atau kaki, gejalanya bisa berupa pembengkakan, nyeri, perubahan warna kulit, dan muncul sensasi hangat atau kesemutan di anggota gerak tubuh tertentu.

Jika kita berisiko mengalami darah kental, lakukanlah pemeriksaan kesehatan atau check up secara berkala ke dokter. Untuk menilai kondisi kesehatan kita, dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan penunjang, seperti pemeriksaan darah. Apabila hasilnya menunjukkan bahwa kita mengalami atau berisiko untuk mengalami darah kental, dokter akan menentukan metode pengobatan dan pencegahan yang tepat, sekaligus menganjurkan hal apa saja yang bisa kita lakukan di rumah untuk menjaga kesehatan kita

Sumber: Klikdokter.com