Cara Mengurus STNK Hilang Tanpa Bantuan Calo

Cara Mengurus STNK Hilang Tanpa Bantuan Calo

Pernahkah anda kehilangan suatu benda berharga. Bagaimana rasanya? Pasti sangat sedih pastinya akan bingung bagaimana cara mengurus STNK hilang bukan?. Sama halnya saat kita kehilangan dokumen penting seperti STNK, rasanya pasti sangat pusing. Walaupun terbuat dari kertas dan kecil tapi keberadaannya dapat menyelamatkan kita dari tilangan polisi.

Jika anda kehilangan STNK jangan panik, karena mengurus STNK hilang tidaklah sulit asalkan anda menaati prosedurnya. Usahakan untuk mengurus STNK sendiri karena jika menggunakan jasa calo biaya yang dikeluarkan bisa sampai ratusan ribu rupiah, kalau mengurus sendiri biaya yang dikeluarkan hanya sekitar Rp 50.000 – Rp 80.000 saja.

Berikut beberapa langkah mudah mengurus STNK yang hilang

  1. Segeralah pergi ke kantor polisi (Polres atau Polsek) terdekat untuk membuat laporan bahwa STNK anda telah hilang, nantinya anda akan sedikit diwawancarai mengenai kapan dan dimana anda terakhir kali melihat STNK, setelah itu anda akan diberikan surat laporan kehilangan yang nantinya akan anda gunakan untuk mengurus STNK di Samsat.
  2. Menyiapkan berkas administrasi yang dibutuhkan antara lain :
  3. Fotokopi KTP dan KTP asli pemilik kendaraan bermotor.
  4. Fotokopi STNK yang hilang.
  5. Surat keterangan kehilangan STNK dari kepolisian asli.
  6. BPKB asli dan fotokopi.
  7. Pergi ke kantor Samsat

Disini adalah tempat untuk mengurus STNK anda yang hilang, namun sebelum itu akan ada beberapa prosedur yang harus dilewati yaitu :

  1. Cek fisik kendaraan bermotor anda, setelah keluar hasilnya anda harus segera memfotokopinya.
  2. Mengisi formulir pendaftaran dengan data yang sebenarnya-benarnya
  3. Mengurus surat kehilangan dari SAMSAT atau cek blokir
  4. Mengurus pembuatan STNK yang baru di loket BBN II (Bea Balik Nama)
  5. Membayar pajak kendaraan
  6. Membayar biaya pembuatan STNK baru sesuai dengan jenis kendaraannya.

Berdasarkan PP No.50 Tahun 2010 untuk

  1. Motor dan kendaraan umum Rp 50.000
  2. Kendaraan roda 4 dan seterusnya Rp 75.000
  3. Langkah terakhir adalah mengambil STNK dan SKPD di kasir dengan menyerahkan bukti pembayaran terlebih dahulu. Setelah itu anda tinggal mengantre untuk dipanggil. Kemudian pulang.

Memiliki fotokopi dari sebuah dokumen seperti KTP, SIM, STNK merupakan hal yang penting, karena jika suatu saat kita kehilangan dokumen tersebut kita masih memiliki kopiannya yang akan memudahkan kita saat hendak mengurusnya nanti. Namun jika anda tidak memilikinya proses mengurusnya akan jadi lebih rumit.

Berikut langkah-langkah membuat STNK yang baru tanpa fotokopi STNK lama :

  • Buat laporan kehilangan terlebih dahulu ke kantor polisi terdekat (Polres atau Polsek).
  • Siapkan berkas administrasi
  1. KTP pemilik kendaraan asli dan fotokopi
  2. BPKB asli dan fotokopi
  3. Surat keterangan dari kepolisian asli
  • Pergi ke deler motor anda

Jika kendaraan anda masih kredit, bawalah fotokopi BPKB dan surat keterangan dari deler yang menyatakan bahwa anda membeli kendaraan disana. Namun jika kendaraan anda sudah lunas anda cukup membawa fotokopi BPKP beserta KTP ke tempat pengesahan yang ada di kantor polisi, nantinya BPKB anda akan dilegalisir.

  • Pergi ke kantor SAMSAT dengan membawa semua berkas administrasi.

Lakukanlah beberapa prosedurnya seperti

Cek fisik kendaraan yang meliputi warna kendaraan, no. kendaraan, no. mesin, dan jumlah no rangka, setelah selesai anda akan dibuatkan surat keterangan dari SAMSAT. Setelah itu segeralah untuk memfotokopinya.

  • Isi formulir pendaftaran pembuatan STNK baru di loket.
  • Lakukan cek blokir kendaraan, hal ini untuk memastikan bahwa kendaraan anda aman dan bersih dari daftar pencarian polisi, seperti kendaraan curian.
  • Menyerahkan semua berkas administrasi ke loket pembuatan STNK yang baru.
  • Membayar pajak kendaraan jika anda belum bayar pajak.
  • Membayar biaya pembuatan STNK baru dan menyerahkan bukti pembayaran di kasir, untuk kendaraan roda 2 Rp 50.000 sedangkan roda 4 Rp 75.000.
  • Mengantre dengan tertib sambil menunggu nama anda dipanggil.
  • Pulang ke rumah.

Bagaimana menurut anda tentang ulasan diatas, cukup mudah bukan untuk mengurus sendiri STNK yang hilang. Sesuatu yang nampak kecil dan sering diabaikan ternyata sangat berharga saat kita kehilangannya. Hal sepele yang sering kita anggap remeh pun saat dibutuhkan dan kita tidak memilikinya rasanya sangat menyesal seperti menyimpan fotokopi dokumen berharga.

Untuk itu mulai dari sekarang gandakan seluruh dokumen penting anda mumpung masih ada. Selain mudah mengurus sendiri STNK yang hilang juga lebih hemat, daripada harus menyewa jasa calo, namun anda harus rela mengorbankan waktu anda untuk mengurusnya. Itulah tadi sedikit informasi yang dapat saya sampaikan semoga bermanfaat dan menginspirasi. Terimakasih.