Langkah Menggunting Rambut Bayi tanpa Rewel

4 Langkah Menggunting Rambut Bayi tanpa Rewel

Lifestyle

Setelah bayi lahir akan ada waktu untuk memotong rambu bayi. Biasanya di acara aqiqah atau pun untuk membuat pertumbuhan rambut bayi menjadi lebih baik. Anda tentu membutuhkan langkah dari parenting school untuk bisa menggunting rambut bayi tanpa rewel.

  1. Ciptakan Kenyamanan

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan ketika akan menggunting rambut bayi agar tidak membuatnya rewel adalah menciptakan kenyamanan. Anda harus menggendongnya atau mendudukkannya di pangkuan sehingga membuat bayi tidak merasa takut. Gunakan baju yang nyaman selama pengguntingan rambut agar bayi tidak merasa gerah.

Pada bagian badan bayi jika bisa gunakan handuk sehingga potongan rambut yang tidak jatuh ke bagian badan bayi atau pun mengenai lehernya. Pastikan posisi selama pengguntingan rambut bayi juga nyaman untuk Anda sehingga bisa berjalan dengan lancar.

  1. Mengondisikan Rambut

Langkah kedua yang dapat dilakukan adalah dengan membuat bagian kepala khususnya rambut bayi dalam keadaan basah atau lembap. Tujuannya agar proses pemotongan rambut dapat berjalan dengan cepat karena kondisi rambut yang basah akan menyatu. Pastikan pada bagian kepala bayi tidak dalam keadaan terluka atau pun mengalami masalah pada kulit kepalanya.

  1. Alat yang Tepat

Selama proses pengguntingan rambut bayi, Anda tidak bisa mengabaikan untuk menggunakan alat yang tepat. Pastikan gunting yang digunakan steril dan tajam sehingga aman tanpa risiko jika digunakan pada bayi. Anda bisa membeli perlengkapan bayi ini di toko online orami.co.id dengan kualitas yang pasti terjamin.

Pastikan bayi merasa aman ketika gunting mendekatinya atau jika bayi merasa takut dan mulai rewel alihkan perhatiannya sejenak. Setelah kondisi kembali aman barulah Anda mulai menggantinya dari bagian tersulit, seperti di telinga.

Gunting secara bertahap dengan sedikit demi sedikit agar bayi tidak merasa sakit. Sebelum digunting Anda yang bayinya memiliki rambut tebal sebaiknya menyisirnya terlebih dahulu agar tidak kusut atau memberikan minyak rambut bayi.

  1. Bayi Tidak Lapar

Saat akan memotong rambut bayi pasti memerlukan waktu sekitar 30 menit. Anda harus mengantisipasi kerewelan yang bisa terjadi selama proses pemotongan rambut bayi dengan memastikan bayi tidak dalam keadaan lapar. Berikan ASI atau pun susu formula terlebih dahulu sehingga bayi dalam keadaan kenyang.

Bayi akan diam dan tidak banyak tingkah selama Anda berada di dekatnya dan memberikan kenyamanan.  Ketika dalam kondisi kenyang bayi juga akan cenderung mudah tertidur. Ini akan membuat Anda lebih mudah untuk memotong rambut bayi.

Setiap aktivitas yang berhubungan dengan bayi bisa Anda dapatkan ilmunya di parenting school. Pertumbuhan dan perkembangan bayi ada di tangan Anda baik dan buruknya. Berikanlah waktu yang optimal untuk menjaga bayi dari segala hal yang membahayakan kondisi kesehatannya. Pastikan bayi mendapat asupan gizi yang cukup untuk pertumbuhan dan perkembangannya.